SEJENAK BERPIKIR

Sudah hampir 2 bulan saya di India, 32 hari diantaranya saya dan rombongan kami habiskan di Bijapur State Karnataka. Kami belajar kembali mengenal Allah dan kehidupan Rasul-Nya, juga belajar berkeliling mengenalkannya pada orang2 yang belum tahu atau lalai.
India tak seperti di film2 Bollywood. Keadaan mayoritas penduduk negeri ini miskin. Betapa khayalan manusia terlalu tinggi terhadap kemewahan dan keglamouran, tetapi tetap saja khayalan orang2 Bollywood hanya terkurung di kotak televisi yang segitu saja. Begitu juga angan2 kita, 2 tahun mendatang, 3 tahun atau 20 tahun mendatang, tetap saja akan terbatasi oleh umur yang hanya 60 atau 70 tahun, atau bahkan besok pagi Wallahu A'lam.
Wahai kawan, aku ajak kalian untuk sedikit maju ke depan, atau bagimu 'mundur ke belakang?'. Aku ajak kalian untuk maju ke masa Rasul dan para sahabat dalam mencontoh bersikap hidup. Bukan pada masa Al-Ma'mun, Ibnu Sina ataupun Ibnu Rusyd meski pada masa itu ilmu pengetahuan sedang pada puncaknya. Bukankah sebaik2 abad adalah masa Rasul dan sahabat? Dan Imam Malik berkata; Umat ini takkan bisa kembali baik kecuali dengan apa yang telah dimulai pendahulunya. Coba pikirkan !

Karnataka - New Delhi.

Comments

Popular Posts