Civilization?


Peradaban...Apa sih arti peradaban?
Setahuku peradaban adalah manfestasi kehidupan yang terdiri dari sisi spiritual dan material suatu masyarakat. Peradaban takkan bisa dipisah dari masyarakat. Dimana ada peradaban disitu terdapat masyarakat, atau sebaliknya. Peradaban...Peradaban yang seharusnya hanyalah sebuah istilah belaka, atau sedikit meluas hanyalah sebuah fakta dan hasil dari putaran sejarah. Kini seakan menjadi Tuhan yang dipuja-puja manusia. Dimana-mana yang dibicarakan adalah kemujuan peradaban. Manusia kini telah menyembah peradaban. Mereka agung-agungkan peradaban seperti ia mengagung-agungkan Tuhannya. Aku sendiri sedikit geli ketika ada orang mengatakan, bahwa kita harus meniru peradaban barat sebagai peradaban yang maju. Sistem di barat secara eksplisit tertata rapi, teknologi canggih, sanitasi yang terjaga, dan lain-lain. Bagi mereka yang mengagung-agungkan peradaban barat, dan berbangga-bangga padanya, mungkin kita perlu menelisik kembali tentang definisi peradaban.

Ketahuilah wahai kawan, bahwa peradaban itu bukan hanya terletak pada sisi material (dzhiri), namun juga merangkum aspek-aspek spiritual. sekarang bolehlah kita sebut peradaban barat adalah peradaban yang maju, tapi lihatlah dahulu, dari sisi mana sisi kemajuan mereka. Mereka hanya maju dalam sisi material. Jika kita tengok dari sisi yang lain (spiritual) maka hasilnya nihil. Peradaban mereka hanyalah peradaban yang pincang. Maka, sebenarnya peradaban yang mereka capai belum sempurna. Mereka kalah dengan diri kita (orang timur) dari segi spiritual. Jadi jangan dibilang kita kalah dalam segalanya. Kita masih memiliki akhlak dan moral (sisi spiritual). Tapi kita juga memiliki kekurangan dari segi material. Kita terpuruk dalam teknologi, dalam pemerintahan, dll. Peradaban mereka dan peradaban kita sama-sama pincang. Menang di satu sisi dan kalah di sisi lain.

Peradaban..Banyak orang-orang yang terjebak memuja-muja peradaban. Bahkan ada yang menyangkutpautkan antara kemunduran sebuah peradaban dengan agama. Ada yang meninggalkan agama hanya karena tergiur oleh kegemerlapan peradaban barat yang notabene telah melepas baju agama mereka dan menggantinya dengan jubah sekularisme. Bahkan banyak orang Muslim yang rela meninggalkan syariat Islam (Aqidah, Syariah, Akhlaq) hanya karena tergiur dengan gemerlap peradaban. Bah... Aku sangat salut pada Omar Mochtar sang singa padang pasir ketika mendengar penjajah Itali berbangga diri dengan peradaban yang mereka capai. Beliau yang memiliki pernyataan bahwa peradaban bukanlah utama, peradaban tidaklah abadi. Apalah arti peradaban.. Peradaban yang dicapai Barat saat ini, dulu pernah juga kita capai (umat Islam)...Apalah arti peradaban...Peradaban bukanlah hal yang abadi...satu masa berada di sisi orang Timur dan satu masa berada di sisi orang Barat. Bukan hal yang mustahil andai saja suatu saat peradaban Barat tergulingkan. Peradaban bukanlah utama dan bukanlah hal yang abadi.

Tanah Helwan, 11 January 2006

Comments

Popular Posts